Wednesday, June 29, 2011

Mengapa Kpop BUTUH Shinhwa untuk Comeback?


annyeong para kpopers . pernah denger tentang Boyband Legendaris bernama SHINHWA ? pernah denger omongan netizen yg bilang "Jangan mengaku sbg Kpopers kalau kamu gak tahu Shinhwa". Karena itu w mutusin buat ijin sama http://shcjindonesia.wordpress.com yg udah bersedia menerjemahkan artikel ini buat re-post disini . 
dan sekedar pemberitahuan guys, w gak ngerubah secuil huruf pun .
******************************

“Shin-siapa?”

Itulah komentar netizen yang saya lihat pada berita mengenai comeback Shinhwa. Sungguh memalukan! Ketik saya begitu gembira dengan kemungkinan kembalinya Shinhwa, ada beberapa pihak yang merasa skeptis, dan lebih buruk lagi, tidak mengenal siapa Shinhwa. Biarkan saya memberitahumu satu hal: Shinhwa comeback adalah sebuah peristiwa yang mengguncangkan dunia dan akan mengubah dunia Kpop selamanya.



Fan club Shinhwa di soompi.com mendeskripsikan mereka sebagai “grup yang telah ada selama ratusan tahun,” dan hal itu tidak terlalu jauh dari kenyataan. Shinhwa bukanlah hanya sebuah idol grup lama. Shinhwa adalah FIRST GENERATION dari idol grup yang ada sekarang. absolutshinhwa.wordpress.com mengingatkan kita bahwa merekalah satu-satunya idol grup yang bertahan dengan anggota tetap selama lebih dari satu dekade. Tiga orang penyanyi dan tiga rapper ini bersama-sama meraih sukses luar biasa sejak debutnya pada 1998, dan untuk alasan bagus. Saya mencintai banyak idol grup yang sekarang, namun sebelum popularitas gila-gilaan Big Bang, atau fandom-pemecah-rekor TVXQ, ada Shinhwa, memproduksi lagu-lagu yang menjanjikan sesuatu.yang baru bagi setiap orang, dari musik dance solid seperti Thanks! hingga kompilasi klasik/hard rock/rap seperti All Your Dreams. Mereka menjadi pionir untuk hal-hal yang kita abaikan dalam idol grup terbaru kita. Pria-pria menarik? Ada! Jangkauan talenta dalam satu grup? Ada! Perhatian pada detail dan style? Oke! Kemampuan untuk menggoncang panggung dengan killer dance moves dan lagu groovy? YA!!!! Pada beberapa tahun lalu, Shinhwa melayang diatas lautan luas oranye para Changjo, dan itu benar-benar suatu kejayaan.

Sebenarnya, Shinhwa tidak pernah benar-benar meninggalkan kita. Mereka tidak masuk kedalam program perlidungan saksi mata untuk menghilang selamanya setelah perilisan album terakhirnya.pada 2008. Bersikeras bahwa mereka ada pada masa hiatus yang panjang dan TIDAK AKAN bubar, para anggota Shinhwa.masih tetap aktif. Sebagai solo artis, mereka muncul di berbagai drama dan video, merilis album solo dan melakukan tur. Keramaian perayaan ulang tahun ketiga belas Shinhwa merupakan bukti bahwa para Changjo masih ada disamping mereka. Beberapa cerita dipublikasikan di website-website KPOP, dan soompi bahkan mendedikasikan satu minggu penuh perayaan, dengan satu hari untuk masing-masing anggota. Jika ini bukan merupakan suatu bentuk cinta, lalu apa?

Hmmm…..Kamu masih terlihat skeptis. Saya bisa melihatmu berpikir, “Kamu tahu, zaman iti memang hebat, namun Shinhwa kan old school dan tidak ada hubungannya dengan kpop yang sekarang. Siapa peduli bahwa beberapa Changjo berkumpul dan menceritakan kisah mengenai Andy dan Hyesung. Berikan aku Shinee-ku.” Ok, kamu memang harus melihat program Shinee, karena kamu akan melihat bahkan Shinee dan idola lainnya menunjukkan respek yang semestinya pada sang legenda, dan tidak ada bukti yang lebih baik dibandingkan dengan berbagai idol grup yang bergiliran menampilkan Shinhwa Wild Eyes, lengkap dengan chair dance. Shinee muda menyanyikan lagu dan menarikannya secara live. Begitu juga dengan Joon dari MBLAQ. Tidak puas dengan hanya penampilan dari para idola pria? Para wanita dari After School ini membuat remake Wild Eyes dan dengan bangga menampilkannya.
Gerakan-gerakan tersebut tidak jatuh begitu saja dari langit. Para idol grup terbaru ini mengenali warisan dari seniornya ini dan mempelajarinya dengan baik. Ya…..Saya bisa melihat bahwa kamu mulai mengerti mengapa Shinhwa itu penting. Namun kamu masih terlihat skeptis dengan kemungkinan comeback Shinhwa. Kamu berpikir, “Hal itu tidak akan pernah terjadi. Teruslah bermimpi.” Ok, jadi saya memang cuma manusia biasa. Saya tidak bisa memastikan kapan atau apakah Shinhwa comeback akan terjadi, namun saya meyakinkan kamu bahwa itu HARUS terjadi.
Kenapa?

Sebuah comeback Shinhwa mewakili sesuatu yang sama sekali belum pernah terjadi sebelumnya di Hallyu Kpop: kembalinya sebuah idol grup utuh setelah wajib militer. Wajib militer dipandang sebagai pembunuh karir bagi idol grup pria. Hal ini menjadi satu alasan mengapa anggota-anggota grup sekarang ini berusia makin muda dan bekerja lebih keras dan lebih lama untuk mengembangkan fanbase secepat yang mereka bisa. Pada usia tertentu, seluruh anggota dari sebuah idol grup pria akan menjalani wajib militer, dan ketika mereka menjalankannya, agensi mengasumsikan bahwa masa mereka telah berakhir. Namun bagaimana jika masih ada ‘kehidupan’ pasca dilaksanakannya wajib militer? Bagaimana jika sebuah grup mampu kembali, dengan seluruh anggota mereka untuk melanjutkan karir musik mereka dan mengklaim kembali kejayaan mereka? Shinhwa dapat menjadi grup yang mematahkan anggapan bahwa karir idol grup pria akan tamat pasca wajib militer. Akibat kemudaan bintang Hallyu, kita belum dapat menyaksikan hal ini. Belum ada sebuah grup yang dapat mematahkan kutukan wajib militer. Hingga Sekarang.

Jika Shinhwa benar-benar comeback dengan sukses, hal ini akan menimbulkan preseden baru. Kesuksesan kembalinya Shinhwa akan berarti harapan karir lebih panjang untuk idol grup pria lainnya, dan siapa yang tidak menginginkan hal itu? Kita telah melihat efek 13 tahun karir Shinhwa dapat mematahkan kutukan 5 tahun bagi idol grup, dimana idol dan agensi beranggapan bahwa sebuah grup hanya akan berusia 5 tahun. Dalam sebuah kisah di musicasia.net, seorang perwakilan industri musik menjelaskan, “Orang-orang dalam industri sering berkata bahwa bagaimanapun populernya sebuah idol grup, pasti akan ada ‘perubahan ombak’ setiap lima tahun.” Hal ini berarti bahwa tiap agensi secara konstan akan mengeluarkan idol grup baru untuk menggantikan yang lebih lama yang sepertinya merupakan lingkaran tanpa akhir. Namun, jika idol grup memiliki karir yang lebih panjang dari 5 tahun, berarti agensi akan mendapatkan banyak keuntungan dengan merawat idol grup sukses yang telah mereka miliki. Jika kamu benar-benar ingin menghitung keuntungannya, karir lebih panjang bagi idol grup berarti lebih banyak uang untuk agensi yang menanamkan investasi besar-besaran pada masa depan mereka mulai dari sekarang. Grup dan perusahaan tempat mereka bekerja dapat menjalankan karir mereka dalam waktu lama, menciptakan fanbase paling loyal dengan cara menjaga fans lama dan menarik fans baru.

Kita telah menyaksikan tren ini dengan adanya grup idol sukses seperti Big Bang, Super Junior, TVXQ! (bahkan sebelum drama JYJ), dan S501 (juga belum bubar!) telah merayakan ulang tahun kelima mereka. Shinhwa comeback berarti sebuah karir sebagai idol, bukan hanya pekerjaan untuk senang-senang yang hanya bertahan beberapa tahun saja. Ini adalah waktu dimana Hallyu untuk jadi dewasa dan melihat ke masa depan serta waktu bagi fans untuk mengenai generasi pertama grup Hallyu. Jadi Shinhwa benar-benar harus comeback dan menunjukkan pada semua bagaimana melakukannya. Dan siapa lagi yang lebih baik dalam melakukannya? Shinhwa tidak disebut sebagai legenda tanpa suatu bukti.


Original Article:
WHY KPOP NEEDS SHINHWA TO MAKE A COMEBACK
www.hellokpop.com/2011/06/22/why-kpop-needs-shinhwa-to-make-a-comeback/#.TgKGE8rI9pI;twitter

Sumber:
*soompi.com fan clubs, soompi.com
*Shinhwa Celebrates Their 13th
Anniversary, absoluteshinhwa.*What Is The Risk And Reward That Companies Have When Developing Idols, musicasia.net

Photo:
Credits: kbs.co.kr, shinhwa.biz

Video Credits:
SHINee, Wild Eyes, http://
www.youtube.com/watch?
v=4sy059hnkUo
Lee Joon (MBLAQ), Wild Eyes,
http://www.youtube.com/
watch?v=wvUz3I9tIco

After School, Wild Eyes, http://
www.youtube.com/watch?
v=KVWLvQRtAO0
Translated By ShinhwaChangjo Indonesia, PLEASE TAKE OUT WITH FULL CREDIT

Cr : http://shcjindonesia.wordpress.com/2011/06/23/mengapa-kpop-butuh-shinhwa-untuk-comeback/#comment-83

Re-post by : Eunhaekid

*********************

w gak sabar nunggu shinhwa comeback yg berarti menandakan kalo kutukan 5thn dan kutukan Wajib Militer gak berlaku buat BB Legendaris ini . dan w harap, BB2 kesayangan w, kesayangan kita, bisa mengikuti jejak mereka .

that why i'm proud tobe SHINHWA CHANGJO and why ii love shinhwa . SHINHWA DAEBAAAAAAK !!!!!

sebenernya w pun nge-repost artikel ini sbg salah satu tanda cinta saya pada manager pemasaran shinhwa, KIM DONGWAN buat promoin comeback mrk ... [poppo dong2] hehehhe

2 comments:

  1. Trims untuk artikel ini, saya sebenarnya belum lama "menggauli" K pop dan sedang mencari-cari idol grup yang layak mendapat dukungan saya, thank God I found Shinhwa. Mereka berenam adalah contoh dan bukti nyata dari sebuah kata dalam bahasa Inggris bernama persistence alias kegigihan. Saya sungguh tak sabar menanti comeback mereka tahun 2012! From Pat di Bandung

    ReplyDelete
  2. Hampir lupa, semoga saja tahun depan rencana comeback Shinhwa berjalan mulus, karena kalau itu benar-benar terjadi (aminn!) maka Shinhwa akan menambah satu rekor lagi yaitu idol grup pertama yang mampu melewati "kutukan" wamil.

    ReplyDelete